Berikut Adalah 4 Fitur Baru WhatsApp Dan Cara Menggunakannya

WhatsApp terus merilis fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Memasuki paruh kedua tahun 2021, WhatsApp resmi meluncurkan beberapa fitur baru.

Tak perlu dikatakan lagi, ada banyak potensi fitur baru yang masih dalam pengembangan atau pengujian dengan beberapa pengguna beta. Setidaknya sejauh ini, ada empat fitur baru gb whatsapp yang telah diujicobakan secara publik. Ini daftarnya.

1. Web WhatsApp dan keamanan biometrik untuk desktop

Diluncurkan pada awal tahun 2021, fitur ini bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan WhatsApp di sisi pengguna.

Sebelumnya, pengguna bisa masuk ke WhatsApp dari web atau desktop hanya dengan memindai kode QR yang muncul di layar komputer mereka.

Dilansir dari diskop setelah fitur ini diluncurkan, pengguna akan diminta memindai sidik jari atau wajah mereka untuk masuk dan menyinkronkan.

Setiap kali masuk ke WhatsApp versi desktop atau web melalui perangkat baru, pengguna akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik berupa sidik jari atau wajah ponsel.

WhatsApp WhatsApp menambahkan fitur keamanan baru saat pengguna menyinkronkan akun WhatsApp mereka ke perangkat baru.

Biometrik yang dianggap valid adalah sidik jari dan wajah yang didaftarkan pada masing-masing ponsel.

Baru setelah itu pengguna dapat memindai kode QR untuk melalui proses login.

Fitur ini hanya berfungsi di ponsel yang sudah mendukung autentikasi biometrik (iOS 14 atau lebih baru dan beberapa perangkat Android yang kompatibel).

WhatsApp mengklaim tidak bisa mengakses informasi sensitif yang tersimpan di ponsel pengguna.

2. Simpan salinan baru

“Arsipkan ” sebenarnya bukan fitur baru, tetapi WhatsApp telah menambahkan mekanisme baru ke fitur “Arsipkan ” untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur “Arsip” baru memungkinkan pengguna menyembunyikan obrolan tanpa memblokir kontak.

Baca Juga  5 Website Font Keren Dan Tulisan Keren Rekomendasi Kami

Sebagai perbandingan, versi sebelumnya menggunakan fitur “Arsipkan ” untuk menyembunyikan obrolan di halaman utama atau beranda. Namun, obrolan akan muncul kembali di halaman beranda saat muncul pesan baru.

Di versi terbaru “Archive ” memungkinkan Anda menyembunyikan obrolan selamanya, bahkan saat pesan baru masuk.

Bahkan jika pengguna mengirim obrolan baru ke kontak yang diarsipkan, balasan pesan tetap tersembunyi di folder arsip dan tidak kembali ke halaman beranda.

Berikut cara menggunakan fitur arsip terbaru.

Pengarsipan di versi baru memungkinkan Anda menyembunyikan obrolan yang tidak kembali ke halaman utama saat pesan baru tiba. Pengguna dapat mengatur apakah akan menyimpan obrolan yang diarsipkan meskipun ada pesan baru atau mengembalikannya ke halaman beranda:

3. Foto dan video tampilan tunggal

Fitur ini sangat mirip dengan yang sudah ada di pesan langsung Instagram.

Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk mengurangi kemungkinan berbagi foto atau video yang berisi informasi sensitif secara lebih luas.

File atau video yang diunggah menggunakan fungsi “OneView” akan otomatis hilang dari ruang obrolan setelah penerima membukanya.

Setelah foto atau video menghilang, baik penerima maupun pengirim pesan tidak dapat melihatnya. Pesan gambar atau video yang dibuka mengubah statusnya menjadi Dibuka.

WhatsApp mengklaim bahwa foto atau video yang dikirim ke Single View akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end, sama seperti pesan lain yang melewati platform tersebut. Oleh karena itu, WhatsApp dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat konten pesan Anda.

Namun, pengirim pesan tetap harus waspada, karena penerima pesan dapat mengambil tangkapan layar untuk mendokumentasikan konten gambar atau video.

Jika penerima mengambil tangkapan layar atau merekam file foto atau video yang dikirim menggunakan fungsi “Tampilan Kumpulan”, pengirim tidak akan menerima pemberitahuan jika file yang dikirim direkam atau disimpan secara permanen.

Baca Juga  Cara Mengubah Warna Ikon pada WhatsApp Aero

Fitur “One Look” atau “Satu Pandangan” WhatsApp dapat digunakan untuk percakapan pribadi atau grup.

Saat Anda mengirim ke grup WhatsApp, pengirim dapat melihat siapa yang telah membuka foto atau video, siapa yang baru saja melihatnya, dan siapa yang baru saja mengirimi mereka pesan.

Jika Anda memiliki kontak yang diblokir di salah satu grup ini, kontak tersebut masih dapat melihat foto atau video yang dikirim menggunakan fitur One-shot.

Fitur ini berlaku meskipun WhatsApp penerima belum menerima pembaruan tersebut. Selain versi seluler untuk pengguna WhatsApp, Anda juga dapat merasakan fitur ini di WhatsApp versi desktop.

Mengirim gambar tampilan tunggal di WhatsApp dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

Semua pengguna WhatsApp bisa mencoba fitur One View di WhatsApp. Di sisi penerima, akan muncul pernyataan yang menyatakan bahwa gambar atau video yang diterima diset menggunakan fitur “Lihat Sekali”. Namun, informasi tersebut kemungkinan besar hanya akan muncul pertama kali.

Saat Anda membuka foto atau video, pesan “Buka” muncul dengan tanda centang ganda berwarna biru yang menunjukkan bahwa file tersebut telah dilihat dan tidak dapat dibuka kembali.

Meskipun status “Dilihat” dinonaktifkan di WhatsApp, foto atau video yang dikirim menggunakan fitur “Tampilan Tunggal” akan tetap memiliki doublet biru saat pesan dibuka Muncul dengan tanda centang.

4. Tambahkan fungsi panggilan grup

WhatsApp juga telah meluncurkan fitur Joinable Call yang memudahkan pengguna untuk bergabung dengan panggilan tak terjawab.

Biasanya, saat pengguna mematikan ponsel atau meninggalkan panggilan konferensi, mereka harus diundang oleh peserta lain untuk kembali ke panggilan.

Panggilan yang dapat digabungkan tidak lagi diperlukan karena pengguna yang tidak dijawab dapat bergabung kapan saja selama obrolan telepon atau panggilan video grup.

Baca Juga  TikTok dan Dampaknya pada Industri Fashion dan Gaya Hidup

Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk menangguhkan panggilan video atau telepon grup yang masuk dan segera menerimanya. Dengan menekan tombol abaikan, pengguna masih bisa bergabung dari tab panggilan WhatsApp.

WhatsApp untuk Bergabung dengan Panggilan Tak Terjawab Layar informasi WhatsApp’s Joinable Calls memungkinkan Anda melihat siapa yang sedang menelepon dan siapa yang belum diundang ke panggilan.

Ingatlah bahwa hanya 8 orang yang dapat melakukan panggilan secara efektif dalam satu waktu. Selama panggilan video grup, pengguna dapat membisukan video dengan mengetuk opsi “Berhenti memutar video”.

Peserta panggilan tidak dapat menghapus kontak bahkan selama panggilan video grup. Akun yang diblokir tidak dapat diundang ke panggilan, tetapi dapat bergabung dengan panggilan yang sama jika diundang oleh akun lain.

Fitur WhatsApp Joinable Call dapat dilakukan dengan cara berikut:

Cara bergabung dengan panggilan grup WhatsApp yang tidak terjawab: