Cara Mengonversi Video YouTube ke MP3 di Linux

YouTube adalah platform video online terbesar di dunia, dan seringkali kita ingin menyimpan musik atau audio dari video YouTube favorit kita ke dalam format MP3 agar bisa dinikmati kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet.

Di Linux, ada beberapa cara untuk mengonversi video YouTube ke format MP3 secara mudah dan praktis. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi youtube to mp3 converter – ytmp3 yang dapat Anda gunakan untuk melakukan konversi ini.

Menggunakan Command Line dengan youtube-dl dan ffmpeg
Salah satu cara paling populer untuk mengonversi video YouTube ke MP3 di Linux adalah dengan menggunakan perangkat lunak berbasis baris perintah seperti youtube-dl dan ffmpeg. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Instal youtube-dl: Jika Anda belum memiliki youtube-dl di sistem Linux Anda, Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut yang diambil dari ytmp3.lc:

bash
Copy code
sudo apt-get install youtube-dl
Jika Anda menggunakan distribusi Linux lain, Anda mungkin perlu menggunakan manajer paket yang sesuai.

Instal ffmpeg: ffmpeg adalah alat yang digunakan untuk mengonversi video ke format audio. Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut:

bash
Copy code
sudo apt-get install ffmpeg
Unduh Video YouTube: Untuk mengunduh video dari YouTube, gunakan perintah berikut:

bash
Copy code
youtube-dl -x –audio-format mp3 URL_VIDEO_YOUTUBE
Gantilah URL_VIDEO_YOUTUBE dengan URL video YouTube yang ingin Anda konversi. Perintah ini akan mengunduh video tersebut dan mengonversinya ke format MP3 secara otomatis.

Tunggu Proses Selesai: youtube-dl akan mulai mengunduh video dan mengonversinya ke MP3. Proses ini akan memakan waktu tergantung pada ukuran video dan kecepatan internet Anda.

Cek Hasil: Setelah proses selesai, Anda akan menemukan file MP3 dengan nama yang sama dengan judul video di direktori saat ini.

Baca Juga  Mendapatkan Musik Favorit Anda di Ujung Jari: Aplikasi Download MP3 di Android

Menggunakan Aplikasi GUI – 4K Video Downloader
Selain menggunakan perintah baris, Anda juga dapat mengonversi video YouTube ke MP3 menggunakan aplikasi berbasis GUI seperti 4K Video Downloader. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Instal 4K Video Downloader: Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resminya dan mengikuti petunjuk instalasi yang ada.

Buka Aplikasi: Setelah diinstal, buka aplikasi 4K Video Downloader.

Salin URL Video: Buka video YouTube yang ingin Anda unduh di peramban web Anda, dan salin URL video tersebut.

Tempel URL di 4K Video Downloader: Kembali ke aplikasi 4K Video Downloader dan klik tombol “Tempel Tautan” untuk menempelkan URL video yang telah Anda salin.

Pilih Format MP3: Pilih opsi “Ekstrak Audio” dan pilih format MP3 sebagai format keluaran.

Pilih Lokasi Simpan: Tentukan lokasi penyimpanan untuk file MP3 yang akan dihasilkan.

Unduh Video: Klik tombol “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan dan konversi. Aplikasi ini akan mengunduh video dari YouTube dan mengonversinya ke MP3 sesuai dengan pilihan Anda.

Selesai: Setelah proses selesai, Anda akan menemukan file MP3 di lokasi penyimpanan yang telah Anda tentukan.

Menggunakan Situs Web Konversi Online
Selain menggunakan perangkat lunak dan aplikasi, Anda juga dapat mengonversi video YouTube ke MP3 menggunakan situs web konversi online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Browser: Buka peramban web Anda.

Temukan Video YouTube: Temukan video YouTube yang ingin Anda konversi ke MP3 dan salin URL video tersebut.

Cari Situs Web Konversi: Cari situs web konversi online yang Anda percayai. Beberapa situs web populer untuk ini adalah YTMP3.cc, OnlineVideoConverter.com, dan Convert2MP3.net.

Tempel URL: Buka situs web konversi yang Anda pilih dan tempel URL video YouTube yang telah Anda salin.

Baca Juga  Mendownload Lagu di Android: 5 Aplikasi Terbaik yang Wajib Dicoba

Pilih Format MP3: Pilih format keluaran yang diinginkan, dalam hal ini MP3.

Mulai Konversi: Klik tombol untuk memulai proses konversi. Situs web akan mengunduh video dari YouTube dan mengonversinya ke MP3.

Unduh Hasil: Setelah konversi selesai, Anda akan diberikan tautan untuk mengunduh file MP3 yang dihasilkan.

Kesimpulan
Mengonversi video YouTube ke MP3 di Linux bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan praktis. Anda dapat menggunakan perangkat lunak berbasis baris perintah seperti youtube-dl dan ffmpeg, aplikasi berbasis GUI seperti 4K Video Downloader, atau situs web konversi online. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan nikmati musik dari video YouTube favorit Anda dalam format MP3 di sistem Linux Anda. Ingatlah selalu untuk menghormati hak cipta dan mengunduh hanya konten yang memiliki izin untuk didistribusikan ulang. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengonversi video YouTube ke MP3 di Linux!